Senin, 08 Maret 2010

1.Bukti-bukti awal adanya pengaruh hindu-budha di indonesia

a.Daerah Sulawesi
Penemuan patung atau arca budha terbuat dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Ini merupakan bukti tertua tentang adanya hubungan serta pengaruh India di Indonesia. Penemuan arca ini sangat penting karena memberi petunjuk tentang bagaimana taraf hidup dan budaya bangsa indonesia ketika itu.

Berdasarkan ciri-ciri ikonografinya patung budha tersebut bergaya Seni Amarawati,suatu tempat di daerah aliran Sungai Kitsna, India Selatan Bagian Timur (Daerah Koromandel). Rupa-rupanya arca ini dibuat di tanah asalnya (Amarawati),kemudian dibawa ke Indonesia. Boleh jadi arca tersebut merupakan barang dagangan, atau dapat pula sebagai barang persembahan untuk suatu wihara atau bangunan suci agama Budha.

b.daerah kalimantan
Didaerah Kotabangun (Kutai,Kalimantan Timur),ditemukan sejumlah Arca Budha. Arca-arca tersebut berlanggam seni Gandhara,suatu tempat di India Barat Laut. Kesenian Gandhara merupakan kesenian India yang telah dipengaruhioleh budaya Yunani. Jadi,bercorak hellenisme. Temuan ini merupakan bukti arkeologis pertama tentang masuknya pengaruh India di Kalimantan Timur. Selain itu,didaerah Serawak juga ditemukan Arca Ganesha.

c.Daerah Jawa
Arca Budha bergaya seni Amarawati ditemukan di Jember (Jawa Timur),sejenis denagn yang ditemukan di Sempaga. Temuan ini merupakan bukti awal tentang adanya pengaruh India di Jawa.

d. Daerah Sumatra
Bukti arkeologis tertua tentang adanya pengaruh India di Sumatra adalah berupa arca Budha di Bukit Siguntang dekat Palembang. Ciri-ciri ikonografinya sama dengan Arca Budha yang ditenukan di Sempaga.
Tentang siapa pembawa arca-arca tersebut ke Indonesia,ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama arca itu dibawa orang (pedagang) India yang datang ke Indonesia. Kemungkinan kedua, pedagang atau orang Indonesia telah sampai di India,kemudian kembali membawa Arca Budha tersebut.

2 komentar:

Posting Komentar